selamat datang di blog saya

semoga anda mendapatkan apa yang anda butuhkan disini

Minggu, 20 November 2011

Bio-Informatika


Hallo agan semua . . .
            Ini adalah lanjutan dari tugas kuliah TI Universitas ane tercinta Universitas Diponegoro jurusan kesayangan Budidaya Perikanan, Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan. Sesuai jarkom yang beredar dengan bunyi, ”Tugas TI, cari artikel bio- Informatika di dunia budidaya 5 tahun terakhir dan buat ringkasanya”. Maka ane dengan sekuat tenaga (lebay bgt sumpah, bikin aja nebeng leptop ma modem temen! haha) mempersembahkan artikel tentang ACTINOMYCETES LAUT .

Kesimpulan ane atau resume ane terhadap artikel tersebut adalah sebagai berikut (serius mode on), Bioinformatika dalam arti harfiah terdiri dari 2 unsur kata yaitu bio yang menjurus kepada biologi, dan informatika atau informasi. Dalam arti kasar bioinformatika adalah informasi mengenai biologi / makhluk hidup, namun arti bio informatika menurut ilmu Teknologi Informasi adalah disiplin ilmu dari perpaduan bio : biologi molekuler, dan informatika : ilmu komputasional seperti matematika, statistik, perhitungan komputerisasi lainya. Dengan penjelasan itu bisa diartikan bioinformatika adalah teknologi informasi yang bertujuan untuk memecahkan masalah daripada biologi molekuler. Menurut kesimpulan artikel tersebut, “Telah diperoleh 9 isolat Actinomycetes laut yang memiliki toksisitas terhadap sel kanker paru-paru A549. Isolat RS02-085 merupakan isolat yang paling tinggi toksisitasnya terhadap sel kanker A549. Hasil identifikasi menggunakan 16S rRNA menunjukkan bahwa isolat RS02-85 memiliki kemiripan dengan Streptomyces tsukubaensis 98%. Hasil studi lebih lanjut menunjukkan bahwa senyawa aktif yangdihasilkan oleh isolat RS02-085 diduga adalah citropeptin dengan rumus molekul C50 H82 N8 O15, bobot molekul sebesar 1036,0 g/mol, dengan serapan panjang gelombang maksimum sebesar 240nm.
Artikel tersbut mendapatkan kesimpulan seperti itu melihat kepada hasil percobaan yang telah dilakukan seperti uji Kromatogram HPLC ekstrak supernatan isolat RS02-085, uji Serapan panjang gelombang maksimum senyawa aktif yang dihasilkan oleh isolat RS02-85, Spektrum 1 HNMR senyawa aktif yang dihasilkan oleh isolat RS02-085 dan struktur molekul senyawa aktif yang dihasilkan oleh isolat RS02-085. Dalam uji uji ini sebenarnya tidak dilakukan percobaan yang sebenarnya, atau paling tidak hanya menggunakan sampel sebagai contoh dari uji yang hendak dilakukan. Tindakan yang dilakukan untuk mengganti uji tersebut digantikan dengan proses komputasi dengan menggunakan bioinformatika. Untuk mencocokan unsur unsur yang ada dalam actinomycetes dan pengaruhnya terhadap sel sel kanker paru paru. Teknik komputasi ini memberi hasil yang lebih valid, karena dapat menghitung dengan lebih detail dan kuantitas lebih banyak daripada manual.
Jadi inti dari bio-informatika di bidang budidaya adalah penggabungan dari budidaya dan bio-informatika. Dalam bidang budidaya artikel tersebut dapat mengarahkan pembudidaya untuk memproduksi actinomycetes lebih baik lagi karena actinomycetes berguna untuk metabolit yang aktif untuk kanker paru paru, dan bio-informatika disini membantu dalam menguatkan pernyataan tersebut. Bio-informatika memadukan hasil dari pengaruh unsur unsur dalam actinomycetes atau biomolekul-nya dengan sel sel kanker melalui proses komputasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar